KOMISI III DPRD KAB. KONAWE SELATAN SERIUS MENANGANI PENGELOLAAN SAMPAH DI KEC. RANOMEETO


         Kamis 6/07/17 Anggota Komisi III DPRD Kab. Konawe Selatan menggelar Rapat dengar pendapat dengan Badan Lingkungan  Hidup terhadap pengolahan sampah di Kec. Ranomeeto yang berlangsung di ruang rapat komisi III DPRD Kab. Konawe Selatan. Rapat ini dipimpin langsung oleh Ketua Komisi III DPRD Kab. Konawe Selatan Senawan Silondae dan diikuti oleh Anggota Komisi III serta Kepala Badan Lingkungan Hidup Burhanuddin. Ketua Komisi I Tasman Lamuse selaku Anggota DPRD dari Dapil II.
 
      Dalam rapat tersebut Kepala Badan Lingkungan Hidup Burhanuddin menjelaskan bahwa pihaknya sudah berupaya untuk menangani masalah pengolahan sampah di Kec. Ranomeeto. "Kami memiliki 16 TPS diKec. Ranomeeto, 1 TPA di Desa Ranooha, 2 Mobil Roda 6 Penganggkut Sampah yang Personilnya 8 org dan driver 2 orang dan ada juga Kendaraan Roda 3 yang mengangkut sampah-sampah kecil, " ucap Burhanuddin. Beliau juga mengeluhkan bahwa untuk sarana, prasarana dan jumlah personil/pekerja yang ada memang masih sangat kurang namun pihaknya sedang berupaya mencari tambahan TPA. "Kami berupaya mencari lokasi baru untuk TPA tapi saat ini kami juga telah meminjam TPA Kota Kendari untuk menanggulangi permasalahan sampa di Kec. Ranomeeto" Ujar Kepala Badan Lingkungan Hidup.

        Tasman lamuse selaku ketua Komisi I dan juga sebagai Masyarakat Ranomeeto menyampaikan bahwa personil pengangkut sampah sangat kurang serta sistem penggajiannya kurang diperhatikan. "Personil belum cukup dengan volume sampah yang ada, sistem penggajian tidak jelas, anggaran sangat minim sehingga harus diberikan perhatian khusus bagi mereka yg bekerja" ucap Tasman Lamuse.

     Tak hanya itu Anggota Komisi III Ismiati Iskandar juga memberikan saran agar dibuatnya program bak Sampah yang besar agar sampah tidak berserakan dan menumpuk juga menyarankan agar tidak ada pemotongan gaji bagi mereka. Senada dengan Andi achmad yang juga Anggota Komisi III. Beliau mengatakan "Gaji pekerja harus diperhatikan, ini ada laporan dari masyarakat bahwa ada pemotongan gaji bagi pekerja padahal harusnya hak itu tidak terjadi karena kasian mereka yang bekerja jadi mohon dievaluasi dilapangan dan ditindak lanjuti segera".

        Namun hal tersebut diklarifikasi oleh Kepala Bidang Lingkungan Hidup Kab. Konawe Selatan bahwa "tidak ada pemotongan anggaran seperti yang bapak-bapak Anggota DPRD dengar, malahan saat ada kekurangan sarana saya menggunakan dana pribadi sendiri karena tidak ada didalam DPA kami" ucap rony.


    Ketua Komisi III Senawan Silondae menyarankan kepada Kepala Badan Lingkungan Hidup melakukan Kajian Pemukiman Padat Sampah di Wilayah Konawe Selatan, agar diketahui daerah-daerah mana saja  yang jumlah penduduknya padat sehingga bisa menjadi laporan saat pembahasan anggaran nanti dan juga akan jadi perhatian khusus komisi III. Beliau juga mengatakan "Akan ada sosialisasi perda tentang pengelolaan sampah kepada masyarakat dan diharapkan dari Badan Lingkungan Hidup ikut bersama DPRD dalam melakukan sosialisasi itu sehingga mengetahui apa-apa saja kewajiban masyarakat, sehingga masyarakat tidak seenaknya saja membuang sampah sembarangan" tutup ketua komisi III. (Humas DPRD Kab. Konawe Selatan)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar